Stikes Maharani

Tentang Kami

Sejarah Stikes Maharani

Stikes Maharani Malang, berdiri pada tahun 2006, berdasarkan SK Mendiknas RI tahun  tanggal 22 Desember 2006. Pada perkembangannya Stikes Maharani Malang memiliki empat program studi yaitu Profesi Ners, S1 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan D3 Analis Kesehatan.

Tahun 2019, STIKes Maharani bergabung bersama Yayasan pendidikan NMC, dan Stikes Maharani melakukan renofasi bangunan dan melakukan penambahan jurusan baru yaitu teknologi medis.

Visi

“Menjadi STIKes yang Unggul dan Kompetitif Berbasis Teknologi Informasi Guna Menghasilkan Tenaga Kesehatan Profesional di Tingkat Nasional Tahun 2025″. 

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul berbasis teknologi informasi di bidang kesehatan.
  2. Melaksanakan penelitian yang unggul berbasis teknologi informasi di bidang kesehatan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat unggul berbasis teknologi informasi di bidang kesehatan.
  4. Memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yang unggul di bidang kesehatan.
  5. Memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan sarana dan prasarana yang unggul di bidang kesehatan.
  6. Mengembangkan tata kelola kelembagaan di lingkungan STIKes berbasis teknologi informasi.
  7. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Tentang Stikes Maharani

STIKes Maharani telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan SK BAN-PT No: 307/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019, sedangkan masing-masing program studi telah terkreditasi LAM-PTKes maupun BAN-PT.

  • Profesi Ners: SK LAM-PTKes No: 0440/LAM-PTKes/Akr/Pro/VIII/2018
  • S1 Keperawatan: SK LAM-PTKes No: 0439/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2018
  • D3 Kebidanan: SK LAM-PTKes No: 0454/LAM-PTKes/Akr/Dip/VIII/2019
  • D3 Analis Kesehatan: SK LAM-PTKes No: 0493/LAM-PTKes/Akr/Dip/VIII/2019

Stikes Maharani Malang dan Perkumpulan P2KM (Penyelenggara Pendidikan Kesehatan Maharani) Malang berlokasi sama Jl. Akordion Selatan 8B Malang Jawa Timur – Indonesia

Sasaran Stikes Maharani
  1. Meningkatnya mutu pendidikan di semua prodi sesuai dengan standar nasional (BAN-PT dan LAM-PTKes)
  2. Tersusunnya dan terselenggaranya kurikulum yang dinamis dan memenuhi relevansi sesuai dengan bidang ilmu masing-masing program studi
  3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas dosen pengelola kurikulum prodi baik dalam mutu akademik maupun kependidikannya
  4. Meningkatnya mutu proses belajar mengajar di seluruh prodi terkait mutu perancangan, pembelajaran dan evaluasi hasil belajarnya. Mutu proses belajar mengajar diukur melalui kualitas output lulusan seperti Indeks Prestasi, jumlah lulusan dan lama studi dengan target tersedia modul untuk semua mata kuliah, rata-rata IP min 3,00 dan lama studi rata-rata 4 tahun untuk sarjana, 1 tahun untuk profesi dan 3 tahun untuk diploma serta 95% lulus uji kompetensi.
  5. Meningkatnya kemampuan insitusi untuk pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat tertinggal
  6. Meningkatnya mutu kegiatan kemahasiswaan dan kemampuan penalaran mahasiswa berpikir alternatif, analistis, kritis dan apresiasi diri yang positif untuk pencapaian
  7. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan diri
  8. Meningkatnya peran alumni dalam pengembangan diri dan almamater
  9. Mengembangkan jejaring dan bursa kerja
  10. Meningkatnya angka partisipasi dosen dalam kegiatan penelitian.
  11. Mengembangkan pusat penelitian berstandar nasional dibawah kontrol UPPM
  12. Meningkatnya angka publikasi artikel secara lokal, nasional dan mengupayakan publikasi internasional
  13. Meningkatnya kerjasama penelitian dengan lembaga swasta dan pemerintahan secara bertahap dari Tingkat Jawa Timur dan Nasional
  14. Dilaksanakannya kerjasama penelitian internasional
  15. Mengembangkan website UPPM STIKes Maharani Malang sebagai media penyebaran informasi
  16. Meningkatkan angka partisipasi dosen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diinisiasi oleh UPPM STIKes Maharani Malang.
  17. Meningkatkan kerjasama kegiatan pengabdian masyarakat dengan lembaga swasta dan pemerintah secara bertahap dari tingkat Jawa Timur, Regional Jawa dan Nasional.
  18. Meningkatkan kegiatan pengabdian masyarakat bekerja sama dengan pihak internasional.
  19. Mengembangkan website UPPM STIKes Maharani Malang sebagai pusat informasi kegiatan pengabdian masyarakat oleh STIKes Maharani Malang.
  20. Program peningkatan tugas dan peran UPPM dalam mengkoordinir kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh peneliti STIKes Maharani Malang.
  21. Tersusunnya organisasi yang lebih otonom, efektif dan produktif yang dapat mewadahi penyelenggaaraan fungsi-fungsi insitusi, prodi dan unit kerja lain dengan optimal.
  22. Terselenggaranya fungsi-fungsi manajemen tata kelola yang sehat, terbuka, kondusif, transparan dan memiliki penditraan publik yang kuat dan akuntabel.
  23. Mewujudkan akreditasi prodi dan institusi dengan target meraih peringkat BAIK melalui peningkatan manajemen Unit Penjaminan Mutu
  24. Meningkatkan kualifikasi pendidikan tinggi dosen dan komptensi bidang keilmuannya.
  25. Meningkatkan fasilitas berupa sarana prasarana gedung, laboratorium dan sistem tekonologi informasi yang mendukung proses pembelajaran dan penguatan tata kelola perguruan tinggi yang unggul.
  26. Mewujudkan upaya jejaring kerjasama dan kemitraan dengan calon pengguna lulusan (stakeholder), baik di tingkat nasional maupun internasional.
Tujuan Stikes Maharani
  1. Menghasilkan lulusan yang professional dan unggul dalam bidang kesehatan, bermoral, beretika, serta berbudi luhur.
  2. Meningkatkan penelitian untuk mencapai keunggulan dalam bidang kesehatan.
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat untuk mencapai keunggulan dalam bidang kesehatan.
  4. Meningkatkan sumber daya manusia, sarana, dan prasarana yang mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang bermutu.
  5. Meningkatkan kerjasama yang mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang bermutu.