Home      Berita Terkini       Agenda Kegiatan       Kalender Akademik       Kumpulan Artikel       Galeri Foto       Kontak Kami       Buku Tamu
STIKes Maharani Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru TA 2017/2018 jadwal pendaftaran Gelombang I = 02 Januari 2017 - 30 Juni 2017, Gelombang II = 1 Juli 2017 - 09 September 2017. Untuk pertanyaan seputar pendaftaran silahkan klik buku tamu atau kontak kami
 
Bahasa/Language   
 
   
Halaman depan
Profil Stikes
Fasilitas Pendukung
Rencana Pengembangan
Alur Proses Pendaftaran Mahasiswa Baru
Visi dan Misi STIKes Maharani Malang
Struktur Organisasi STIKES MAHARANI
Penerimaan Mahasiswa Baru
Kemahasiswaan
E-LEARNING
E-JOURNAL
Publikasi Ilmiah
Unduhan Dokumen Akademik
Angket Evaluasi Dosen
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Sistem Informasi Akademik Mahasiswa
Sistem Informasi Akademik Dosen
Website DIKTI,BAN-PT, Kopertis 7
Informasi KRS
 
Pendaftaran MABA
 
D3 Kebidanan
D3 Analis Kesehatan
Pendidikan Profesi Ners
 
 
Untitled Document
KUMPULAN ARTIKEL

 
Makan Sehat di Tempat Kerja 
Penulis: Lumadi [ 24/6/2016 ]
Mengkonsumsi makanan sehat di tempat kerja merupakan tantangan bagi banyak orang. Penyebab utama adalah kesibukan di kantor yang membuat tidak adanya waktu untuk menikmati makanan sehat, makanan yang umumnya dijual biasanya makanan yang praktis dan tidak memiliki kandungan gizi yang baik, dan tantangan lain karena makanan sehat biasanya tidak disukai dan dikalahkan dengan makanan cepat saji. Namun, makanan tidak sehat tentu dapat merongrong kesehatan Anda disamping yang akan membuat kelebihan berat badan.

Solusi Makan Sehat

Walaupun terlihat sulit, tapi Anda bisa membenahi pola makan Anda menjadi lebih baik. Berikut beberapa solusi praktis untuk Anda yang sibuk:

    Jangan lupakan sarapan
    Sarapan akan meningkatkan produktivitas karena dapat mengurangi kelelahan, rasa kantuk dan membantu agar Anda dapat berkonsentrasi dengan baik. Pada saat bangun tidur, metabolisme otak meningkat sehingga dibutuhkan glukosa sebagai tenaga. Glukosa dalam tubuh pada pagi hari menurun karena Anda tidak makan semalaman ketika tidur.

    Menu sarapan yang baik adalah makanan yang memerlukan waktu untuk dicerna, misalnya roti gandum dengan telur dadar ditambah bawang bombay, paprika dan tomat.
    Jangan lewatkan makan siang
    Makan siang di tempat kerja penting karena selain untuk mengisi perut, makan siang juga merupakan waktu agar tubuh Anda beristirahat sejenak. Sebaiknya, makan siang tidak dilakukan di meja kerja tetapi beranjak dari meja kerja akan membantu agar tubuh dan pikiran kembali segar serta memperbaiki mood Anda.

    Perhatikan juga menu makan siang yang dipilih. Boleh saja sesekali makan siang di pinggir jalan atau restoran dengan menu yang kurang sehat. Tetapi, jangan setiap hari agar tubuh tetap sehat. Makan di luar boleh saja, dengan syarat tetap memenuhi kebutuhan tubuh terhadap serat, protein dan karbohidrat sesuai porsinya. Menu makan siang yang baik adalah 50% sayur dan buah, 25% protein dan 25% karbohidrat.
    Cemilan
    Godaan menikmati cemilan mungkin timbul karena adanya rekan kerja yang membawa makanan kecil atau kue-kue yang disediakan ketika meeting. Diet sehat bukan berarti pantang menikmati cemilan, jadi boleh-boleh saja ngemil asal tahu aturannya.

    Aturan ngemil adalah memperhatikan porsi dan kalori cemilan. Jangan sampai karena terkesan kecil dan tidak mengenyangkan, Anda memasukkan kalori terlalu banyak dari cemilan. Hal ini dapat menyebabkan berat bdan bertambah. Hindari juga makanan yang digoreng karena mengandung lemak yang berlebih.

    Menu cemilan yang sehat adalah makanan yang direbus seperti ubi atau pisang rebus, biskuit gandum, manfaat yoghurt atau dark chocolate.
    Menyeruput teh dan kopi
    Teh dan kopi biasa menemani keseharian di kantor Anda. Bagi sebagian orang menyeruput teh dan kopi sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Bahkan, tubuh terasa tidak bertenaga jika belum menyeruput minuman ini. Mengkonsumsi teh atau kopi boleh-boleh saja asal tidak terlalu banyak.

    Porsi teh atau kopi yang diperbolehkan adalah 1 sendok teh atau kopi dengan gula setengah sendok dan tidak melebihi 2 cangkir sehari. Akan lebih baik jika tidak dicampur creamer atau gula karena akan meningkatkan kalori.
    Makan malam sehat
    Umumnya, tidak ada aktivitas yang memerlukan banyak energi pada malam hari. Jadi, untuk makan malam, porsi karbohidrat dapat dikurangi. Jika Anda harus lembur dan memilih untuk makan di rumah, untuk menahan rasa lapar, Anda dapat memilih snack yang sehat atau buah-buahan. Menu makan malam yang disarankan adalah sayuran, protein atau buah-buahan.

Dengan menyempatkan makan dengan porsi dan komposisi yang tepat, akan membantu Anda memiliki cukup energi untuk melakukan hari-hari yang sibuk, terhindar dari penyakit, menjaga berat badan tetap ideal dan penampilan fisik tetap terjaga.

Dikutip dari: http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/539-makan-sehat-di-tempat-kerja.html
 
 
Kembali Ke atas | Kembali Ke Index Artikel
 
 
Silahkan mengisi buku tamu
Hari ini: Rabu, 22 November 2017
Kunjungan hari ini : 46
Pengunjung online : 1
Total Kunjungan : 213384
 
(c) 2009-2017 STIKES MAHARANI MALANG
Jl. Akordion Selatan 8B Malang - Jawa Timur Telp. (0341) 4345375 Fax. (0341) 4345375
www.stikesmaharani.ac.id - email: informasi@stikesmaharani.ac.id
 
Designed & Developed by Adhamweb Dot Com
Pengisian form pendaftaran online